SELAMAT DATANG DI WEBSITE CYBER EXTENSION BADAN PENYULUHAN DAN KETAHANAN PANGAN (BPKP) KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Selasa, 24 April 2012

TUNTASKAN PEMBANGUNAN PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN DI KAB. SIDRAP


    Sudah bukan rahasia lagi bahwa Kab. Sidrap merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang sangat identik dalam hal pertanian, mulai dari pertimbangan wilayah dan topografi yang mendukung, potensi mata pencaharian masyarakat terkait sektor pertanian, perikanan dan kehutanan, dan aspek kelembagaan dalam hal pembinaan kelompoktani. Sehingga, tidak salah jika para penentu kebijakan wajib mengedepankan pembangunan pada tiga sektor yang dimaksud, seraya mendongkrak perekonomian lokal, dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya, termasuk masyarakat tani yang ada di Kab. Sidrap
    Wilayah Administratif Kabupaten Sidrap memiliki luas yakni 1.883,25 km2, yang terdiri atas 11 Kecamatan dengan 106 Desa/Kelurahan. Kabupaten Sidenreng Rappang adalah kabupaten dengan potensi wilayah yang sangat mendukung untuk sektor usaha pertanian, perkebunan, peternakan, dan kehutanan. 
     Dari data jumlah penduduk yang bergerak di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan di Kabupaten Sidenreng Rappang adalah sebanyak 770.030 jiwa (30,73%) dari total jumlah penduduk atau 59,52% dari tenaga kerja produktif (129.420 jiwa) petani yang berusaha tani, termasuk dalam 4 sektor usaha, yakni petani (pangan/horti), pekebun, peternak dan sektor kehutanan.
    Jumlah kelembagaan kelompoktani yang tersebar di Kabupaten Sidenreng Rappang sampai dengan Tahun 2011 sebanyak 1.580 kelompok, yang terbagi kedalam 857 Kelompok Pemula, 401 Kelompok Lanjut, 284 Kelompok Madya, dan 38 Kelompok Utama. (Anonim, red).

1 komentar:

  1. LANJUT MAKI PALE KOMANDAN!!! DON'T STOP !!! HEHHEE

    BalasHapus